Kamis, 24 Februari 2011

METODE ILMIAH

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN METODE ILMIAH ?

Menurut saya, yang dimaksud dengan metode ilmiah adalah sebuah proses yang dilakukan dalam memenuhi sebuah proyek yang direncanakan untuk memperoleh sebuah pengetahuan dengan menggunakan cara yang sistematis dan berdasar pada sebuah bukti yang nyata. Oleh sebab itu dalam pemenuhan sebuah proyek atau dapat dikatakan sebuah penelitian, dapat dilakukan dengan sebuah cara yang salah satunya adalah observasi. Cara lain dalam pemenuhan sebuah penelitian tersebut juga dapat dengan cara yang lain yaitu wawancara.


Dibawah ini saya akan memberika beberapa pengertian metode ilmiah menurut beberapa tokoh

Pengertian Metode Ilmiah menurut tokoh:

a. Menurut Almadk (1939),” metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran


b. Ostle (1975) berpendapat bahwa metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.”
Metode ilmiah dalam meneliti mempunyai kriteria serta langkah-langkah tertentu dalam Metode ilmiah bekerja.


Unsur-unsur yang terdapat dalam Metode Ilmiah:

1. KARAKTERISASI (Observasi dan Pengukuran)
Karakterisasi sendiri berdasarkan pada observasi dan pengukuran, di dalam hal ini menentukan subjek dan inti bahasan adalah hal yang paling utama. Dimana proses penentuan dan observasi membantu dalam sebuah pengukuran akan penelitian. Pengkontrolan akan sebuah penelitian akan terjadi ketika karakterisasi berjalan sesuai dengan sistematis.

2. HIPOTESIS (penjelasan teoretis yang merupakan dugaan atas hasil observasi dan pengukuran)
Proses ini adalah dimana ketika ekperimenter memprediksikan apa yang telah menjadi subjek dari bagian penelitian. Mereka dapat meramalkan akan hasil apa yang akan mereka dapatkan. Namun dari prediksi yang mereka buat bukanlah merupaka sebuah kesimpulan yang dapat dipercaya. Karena faktor dari sebuah penelitian yang menjadi penjelas akan hasil dari penelitian yang dibuat.

3. Prediksi (deduksi logis dari hipotesis) 
Pengambilan sebuah kesimpulan yang diambil dari kejadian melalui alur khusus dari yang umum.

4. EKSPERIMEN
Eksperimen merupakan sebuah penelitian yang dititik beratkan. Semua prediksi, hipotesa yang muncul berdasarkan pada sebuah eksperimen. Jadi, ketika hipotesa salah, atau prediksi salah, dapat dikatakan dari eksperimen inilah yang memberikan jawaban akan hal tersebut.


LANGKAH- LANGKAH DALAM METODE ILMIAH:

1. Penentuan Tema Metode Ilmiah
Sebelum anda memulai eksperimen apa yang akan anda lakukan, penetuan tema merupakan hal yang terpenting. Karena melalui Tema apa yang akan dipilih, jalan anda menuju penelitian akan jelas. Melalui hal ketertarikan yang anda miliki, makan akan membuat anda mengerti akan langkah menuju penyelesaian penelitian.

2. Membuat Latar Belakang Masalah
Latar belakang masalah dibuat untuk mengetahui kasus nyata apa yang akan anda bahas didalamnya. Apa yang menjadi latar belakang sesungguhnya hal yang ingin anda berikan perhatian lebih.

3. Identifikasi Masalah
Pengidentifikasian masalah diperlukan karena membantu ada dalam menggunakan metode apa yang akan digunakan. Melalui pengidentifikasian yang dilakukan di dalamnya akan membantu dalam menggunakan metode kuantitatif ataupun kualitatif. Pengindentifikasian dapat membantu dalam menjabarkan hal-hal apa saja yang akan dibahas melalui latar belakang masalah yang ada. 

4. Penarikan Hipotesis
Penarikan akan kesimpulan yang berdasarkan pada dugaan sementara terhadap hasil penelitian yang sebelumnya belum pernah dilakukan. 

5. Eksperimen
Merupakan puncak dari urutan langkah, karena melalui eksperimen apa yang telah di hipotesakan dapat diketahui kejelasan. Pengumpulan data-data dan jawaban-jawaban yang selama ini telah dipertanyakan akan ditemukan dalam proses eksperimen.

6. Penarikan Kesimpulan
Menentukan akan keterimaannya atau tidaknya sebuah hipotesis. Melalui kerangka dan semua langkah yang disusun secara sistematis, kesimpulan dapat ditarik. Dan di dalam proses ini dapat ditemukan kebenaran yang dicari.

Demikian penjelasan mengenai Metode Ilmiah yang saya buat.
Maaf apabila terdapat kesamaan kata, kalimat, dan ide yang ingin disampaikan. Atas perhatian anda, saya ucapkan terima kasih.



dibantu oleh beberapa sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar