Rabu, 16 Februari 2011

RASA INGIN TAHU REMAJA TERHADAP PERGAULAN ANTAR SESAMA

MANUSIA, RASA INGIN TAHU, PENGETAHUAN

Pertama hal ingin saya jelaskan adalah mengenai rasa ingin tahu. Apakah rasa ingin tahu itu?

Rasa ingin tahu pada manusia sudah muncul semenjak mereka dilahirkan ke dunia ini. Lalu, apakah yang sangat berpengaruh bagi manusia dalam rasa keingintahuannya? Manusia memiki rasa ingin tahu karena manusia memeliki “akal budi”. Apakah akal budi tersebut? Akal budi dapat dikatakan seperti logika. Apakah akal budi dimiliki oleh seluruh mahluk hidup? Tentu tidak. Akal budi hanya dimiliki oleh manusia, oleh sebab itulah mengapa manusia merupakan mahluk yg diciptakan paling tinggi derajatnya oleh Tuhan. Karena manusia memiliki “akal budi” tersebut.

Karena adanya akal budi tersebut, maka manusia juga memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar. Bagaimana cara mereka menemukan jawaban dari setiap rasa ingin tahunya? Cara yang paling banyak dilakukan oleh manusia adalah melalui “bertanya”. Dari setiap hal yang mereka tanya, maka manusia dapat menemukan apa yang mereka ingin ketahui.

Lalu, bagaimanakah rasa ingin tahu seorang anak terhadap pergaulan mereka antar sesama?
Jika kita dapat melihat dari lingkungan sekitar kita, apa yang dapat anda simpulkan? Ya, di zaman yang sudah modern ini, pergaulan sudah sangat meluas. Hal yang akan saya bahas adalah tentang bagaimana para remaja yang sedang mengalami banyak pertumbuhan baik secara fisik ataupun psikis, dimana pergaulan merupakan factor yang sangat berpengaruh di dalamnya. Sebagai contohnya adalah remaja yang berada di umur sekitar 12-15 tahun. dimana mereka mulai mengalami banyak perubahan baik dalam dirinya dan lingkungan sekitar mereka.

Jika dilihat dari lingkungan sekitar, begitu banyak anak-anak remaja yang memiliki rasa ingin tahu terhadap pergaulan yang sangat tinggi. Bagaimana ini dapat terlihat? Kita dapat melihat dari hal-hal kecil yang terjadi pada kalangan remaja, ketika mereka memulai untuk mencoba-coba pergaulan mereka. Mereka yang biasanya mungkin tidak pernah pergi ke luar rumah bersama teman-teman. Lalu seiring berjalannya ragam pergaulan, mereka mulai berpergian dengan teman-teman sebayanya. Mungkin mereka juga mulai mencoba hal-hal baru yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Di tahap inilah yang cukup berbahaya, karena dimana seorang anak mulai tergoda oleh pergaulan yang mungkin membahayakan diri mereka semua.

Pergaulan merupakan factor terbesar manusia untuk menjalani hidup, karena melalui pergaulan interkasi antar sesama manusia terwujud. Tetapi rasa ingin tahu yang ada di dalam remaja sangatlah besar, karena mereka menemukan banyak hal yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Terkadang banyak para remaja yang mulai bertanya-tanya kepada orang sekitarnya mengenai pergaulan yang baru mereka temui. Berdasarkan pada pengalaman saya dan dari hal yang pernah saya temui, banyak diantara para remaja yang justru salah penilaian terhadap pergaulan. Pengetahuan yang minim di dalam mereka biasanya yang menyebabkan mereka terjerumus dalam pergaulan bebas.

Rasa ingin tahu pada remaja sangat tinggi akan pergaulan, namun ego mereka juga sedang meninggi. Lalu bagaimana cara mereka menemukan setiap pertanyaan yang mewakili rasa ingin tahu mereka? Berdasarkan apa yang pernah saya lihat dan alami. Kebanyakan dari mereka bertanya dengan orang-orang terdekatnya, menonton TV, atau bahkan mencari di internet. Kebanyakan mereka setelah mendapatkan pertanyaan yang mereka pertanyakan, dapat mulai membedakan pergaulan yang baik dan buruk bagi mereka.

Menyangkut akan pergaulan, jika kita dapat melihat di zaman sekarang. Pergaulan sudah sangat meluas lagi. Mungkin pengaruh ini dari globalisasi yang muncul di abad ini. Globalisasi berpengaruh besar dalam pergaulan, karena adanya globalisasi menyebabkan seperti tidak adanya lagi batasan-batasan di dunia. Sebagai contoh yang mudah adalah jaringan social yang banyak diakses oleh orang banyak. Kebanyakan para remaja mengawalinya dari rasa ingin tahu untuk mengakses jaringan sosial tersebut. Karena mereka ingin tahu, merekapun mencari tahunya, lalu akhirnya mereka akan membuat akun didalam jaringan social tersebut. Ketika para remaja mencari tahu apa yang mereka pertanyaan, secara otomatis juga mereka pasti akan memperluas ilmu pengetahuan mereka. Baik ilmu sosial ataupun ilmu lain yang berguna bagi mereka.

Mengapa para remaja memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar dalam pergaulan mereka? Karena mereka semua menghadapi sebuah fenomena pada dalam dirinya pada masa sebelumnya. Pada saat mereka menginjak umur remaja, pada saat itu mereka mulai mencari jati dirinya dan akan menambah berbagai pengetahuan yang berguna bagi dirinya di masa depan. Pergaulan yang cukup bebas akan membuat anak mengalami penghambatan dalam pencarian jati diri mereka. Oleh sebab itu, dibutuhkan kecermatan di dalam melihat pergaulan yang harus diterapkan atau tidak.

Semakin bertambah umur manusia, semakin besar rasa ingin tahu yang mereka miliki. Dan semakin besar juga keinginan mereka untuk memperluas rasa ingin tahunya. Ketika manusia semakin bertambah tua, rasa ingin tahu mereka menjadi lebih abstrak dan juga kompleks. Rasa ingin tahu pada setiap manusia akan berhenti ketika mereka tidak bernyawa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar