Kamis, 17 Maret 2011

Jika Aku Mengubah Nama Bumi


Bumi? Apakah yang kalian ketahui tentang bumi?
Tempat kita berada untuk menjalani kehidupan? Tempat kita berpijak dan berada? Tempat dimana segala sesuatu ditemukan? Tempat dimana segala perihal kehidupan terjadi? Bahkan menjadi tempat dimana segala keburukan sampai hal yang paling baik terjadi? Ya, memang benar. Jika kita melihat dari sisi kehidupan. Dan masih banyak hal lain mengenai apa yang ada di bumi jika kita melihat dari sudut pandang kehidupan.
Lalu apakah Bumi dari sisi lain? Begitu banyak yang dapat kita bahas mengenai bumi, dan begitu banyak sudut pandang yang dapat kita gunakan untuk memandang "bumi".
Dan juga terdapat banyak hal yang dapat kita bahas mengenai bumi, dari hal yang berilmu alamiah sampai yang tidak.

Kali ini, saya mendapatkan sebuah kesempatan. Sehubungan dengan adanya mata kuliah di kampus saya memberikan tugas dengan tema "Jika Aku Mengubah Nama Bumi", saya akan memberikan sebuah nama bumi yang sesuai dengan apa yang saya inginkan.
Tugas ini cukup menarik, karena kreatifitas dan segala ide-ide yang baru akan muncul di otak kita.
Lalu, nama apa yang akan saya berikan kepada Bumi? Bumi memiliki banyak sekali bagian dan banyak sekali hal yang ada di dalamnya.
Tapi apakah kalian semua juga pernah berfikir, mengapa "Bumi" dinamakan "Bumi".
Berhubung saya seorang warga Indonesia, maka saya menyebutnya dengan "Bumi"
Ok, apakah kalian pernah berfikir hal tersebut?
Jika tidak, bagaimana jika kalian juga mencobanya?

dan sekarang biarkan saya untuk membayangkan nama apa yang ingin saya berikan.
Awalnya saya memiliki banyak sekali calon-calon nama yang ingin saya berikan.
Berawal dari aufklarung (pencerahan; Bahasa Jerman), admoriel(nama Band saya)
Namun, pada akhirnya saya menemukan sebuah nama yang menurut saya paling baik.
Jika Aku Mengubah Nama Bumi, maka aku akan mengubahnya menjadi

"KATA"

Mengapa saya ingin mengubah nama Bumi menjadi "Kata"
Kata merupakan awal dari segala awal, Sebelum kalimat ada kata, setiap orang menyampaikan segala sesuatu melalui kata. Jika kita melihat sisi lain lagi, Tuhan membentuk bumi ini juga dari perkataanNya.
Kalau kita tidak berkata ataupun berbicara menggunakan kata tersebut. Hal-hal yang berbentuk fisik pun tidak akan terbentuk. Dan saya mengganti nama Bumi melalui sebuah kata. Sebuah ide tidak dapat tercetus tanpa perkataan, dari perkataan terbentuk tindakan, dari tindakan terbentuk fisik.
Sehingga menurut saya Kata dapat menggantikan nama Bumi.

Kata mengawali segalanya, kata dapat menjelaskan hal yang apapun yang ingin dijelaskan. Sama saja, kita dapat melihat bumi dan menafsirkannya. Jumlah kata sangat banyak, kata dapat mewakili apapun yang ada.
Jumlah kata mewakili seperti jumlah apapun yang ada di bumi. Karena begitu banyak hal yang ada di bumi.
Kata juga tidak selalu dapat menjelaskan, begitupun Bumi, tidak semua hal yang ada di bumi dapat dijelaskan. Dan mengenai banyak hal-hal di bumi yang tidak dapat kita bayangkan datangnya darimana, sama saja dengan kata. Banyak kata yang tidak pernah kita pikirkan darimana asalnya.

Menurut saya "Kata" adalah nama bumi yang baru menurut saya. Di Bumi begitu banyak hal yang kita pertanyakan, menurut saya ini benar-benar sama dengan banyak "Kata" yang dipertanyakan. Dan menurut saya "Kata" mewakili setiap pertanyaan di Bumi.
Hal-hal yang tidak pernah orang banyak perhatikan, akan menjadi sangat menarik untuk diperhatikan. Bumi yang mungkin jarang diperhatikan oleh orang banyak, begitupun "Kata". Manusia menganggap kata adalah kata, dan bumi adalah bumi. Sama persis dengan bumi yang jarang diperhatikan akhirnya kita dapat melihat, apa saja yang terjadi di bumi akhir-akhir ini akibat jarang diperhatikan. Benar-benar sama dengan "Kata", jika kata tidak diperhatikan oleh setiap orang, akhirnya "Kata" juga dapat membuat hal buruk kepada orang lain yang ternyata hanya sebagai penerima kata tersebut.

Saya mencoba membahas dari sudut pandang saya mengenai bumi dan kata.
Dan kesimpulannya Jika Aku Mengubah Nama Bumi, Aku akan mengubahnya menjadi "KATA"

Demikian tulisan yang saya buat, semoga ini dapat membuat inspirasi bagi orang banyak yang membacanya untuk mengembangkan setiap ide dan kreatifitas kita. Terima kasih dan maaf jika banyak kalimat yang terlihat tidak sepadan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar