Selasa, 13 Maret 2012

Artikel Mengenai Kesehatan Mental


Tari Terapi Dan Kesehatan Mental

Dalam bentuk tubuh yang baik dapat dipengaruhi oleh gerakan eksternal. Tari terapi untuk mengobati orang dengan kondisi mental tidak seimbang didasarkan pada prinsip ini. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk mengembalikan kondisi mental orang yang menderita dari ketidakseimbangan. Banyak penelitian telah dilakukan dan mereka tampak menyatakan bahwa ia memang sebuah terapi yang sangat baik bagi orang-orang yang memiliki masalah psikologis atau mental.
Sebuah pertunjukan tari mengangkat suasana hati pelaku. Ini tidak hanya membantu dalam toning up struktur fisik, tapi juga nada menaiki neuron. Sebuah studi yang dilakukan oleh universitas di London telah menemukan fakta menarik. Pengujian dilakukan terhadap beberapa orang menderita salah satu atau yang lain dari kecemasan. Mereka diminta untuk mengasosiasikan dirinya dengan empat situasi kuratif yang berbeda, yaitu tari, olahraga, musik dan matematika. Hasilnya mendukung kelas tari di mana orang menderita dari kecemasan menunjukkan peningkatan luar biasa dibandingkan dengan bentuk lain dari skenario kuratif.
Ketika seseorang melihat penari pertunjukan, neuron di otak bisa diaktifkan dalam cara yang sama seolah-olah ia sendiri yang melakukan tindakan ini jelas terungkap dalam scan MRI otak. Ini berarti bahwa gerakan-gerakan tari memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan perasaan seseorang sedih atau sukacita yang secara otomatis akan diserap di seluruh tubuh. Para pemain dan orang yang melihat kinerja mereka berdua tidak menyadari bahwa mereka telah mengalami pengalaman yang mungkin mereka bahkan tidak menyadari.
Keuntungan dari terapi tari dalam mengobati penyakit mental telah memberikan cara untuk berbagai teknik.

Berdasarkan pada artikel diatas, kita dapat melihat bagaimana keterkaitan antara terapi tari dengan kesehatan mental seorang individu. Sebenarnya, apakah kesehatan mental itu?
"Menurut Prof. Dr. Zakiah Daradjat mengemukakan, kesehatan mental adalah terhindar seseorang dari gangguan dan penyakit kejiwaan, mampu menyesuaikan diri, sanggup menghadapi masalah-masalah dan kegoncangan-kegoncangan biasa, adanya keserasian fungsi-fungsi jiwa (tidak ada konflik) dan merasa bahwa dirinya berharga, berguna dan bahagia, serta dapat menggunakan potensi yang ada padanya seoptimal mungkin."

Artikel Terapi Tari tersebut sudah dapat terlihat bagaimana pengaruhnya terapi tari terhadap kesehatan mental seseorang, melalui terapi tari seseorang dapat meluapkan emosional yang ada pada dalam dirinya sedih, senang, kecewa, dan perasaan yang muncul dari dalam dirinya. Gerakan-gerakan yang mereka lakukan ternyata memancing neuron pada seseorang untuk diaktifkan. Dengan cara meluapkan emosi yang ada pada diri seseorang mampu dapat menjaga kesehatan mental individu. 
Demikian, pembahasan kesehatan mental yang saya berikan berdasarkan pada artikel yang telah saya berikan diatas. Semoga ini dapat menambahkan wawasan dan berguna bagi pembaca. Terima Kasih.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar